Kapan harus mengganti oli Shok Absorber?

shockbreker shockabsoreber
Corpluckerz, Shock Absorber atau yang sering kita sebut shockbreker ialah komponen utama pada kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, shock absorber memiliki fungsi sebagai peredam kejut, shock absorber adalah sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik. Bagaimana jadinya ketika kendaraan tidak memiliki peredam kejut, selain berkendara akan cepat lelah, kenyamanan pun berkurang.
Gantilah oli Shockbreker dengan takaran yang telah dianjurkan dalam buku panduan pengendara, karena jika mengisi dengan volume yang berlebihan bukan malah tambah empuk dan nyaman, namun akan terasa lebih kaku seperti kanebo kering. 
berikut mbah kuncen paparkan tanda tanda kapan turun gajian kita harus mengganti oli Shock Absorber :

1. Shockbreker terasa lebih empuk dari biasanya.
Ini dikarenakan adanya perubahan pada kualitas oli shockbreker, perubahan ini terjadi karena pergerakan shock itu sendiri. Sama seperti pada oli mesin dimana oli mesin mengalami perubahan kualitas dikarenakan seringnya oli melumasi komponen yang bergerak. Dikarenakan intensitas pergerakan oli shockbreker tidak sesering pada oli mesin maka oli shockbreker ini lifetimenya lebih lama.
2. Roda depan tidak stabil.
Pasti ketika kita berkendara, sepeda motor yang kita tunggangi kok terasa tidak stabil, seolah oleng, padahal bunga Ban luar masih baik, dan tekanan banpun cukup. 
3. Rebound lemah, dalam hal ini rebound adalah tendangan balik shockbreker. Yaitu gerak naik pada shockbreker bila mengalami guncangan.  Dalam hal ini shock menjadi lemah dan roda sekali lagi akan menapak tidak sempurna, disamping itu akan terasa getaran pada bagian kemudi. Karena efek peredaman shock tidak maksimal.

Nah, jika gejala diatas sudah berasa ganti lah pelumas shock abosernya. Mbah kuncen berpesan, jika akan mengganti oli shockabsorber pada motor kesayangan, lebih baiknya dengan takaran yang sudah ditentukan, ganti secara bersamaan antara shock kiri dan kanan agar tidak terjadi kecemburuan sosial, dan gantilah dengan merk yang sama pula. 
Kapan harus mengganti oli Shok Absorber? Kapan harus mengganti oli Shok Absorber? Reviewed by Jepri on 14:12:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.